3 Langkah Mencari Judul Lagu dari Judul Berita

Diposting pada


Berlangganan newsletter salah seorang penulis lagu hits merupakan langkah saya menghimpun referensi materi untuk versi buku berasal dari “Mari Mahir Menulis Lagu”. Robin Frederick merupakan figur penulis lagu yang udah berkontribusi terhadap lebih berasal dari 500 karya yang diputar di radio dan TV. Pada edisi newsletternya bulan ini, tersedia sebuah tips menciptakan lagu yang terlampau efisien sesudah saya menerapkannya.

Robin mengusulkan menggunakan koran sebagai sumber inspirasi disaat kita tengah tidak tersedia ide. Ia juga mengusulkan menulis lagu sebaiknya di mulai berasal dari menulis judulnya, gara-gara berasal dari judul itulah kita bisa mengembangkan sebuah lagu yang padat berisi dan berkualitas, bukan hanya isi ruang kosong yang tersedia bersama dengan lirik yang kepikiran saat itu. Berikut adalah langkah memanen judul berasal dari judul berita di koran, disadur berasal dari tips oleh Robin Frederick (beserta praktek saya sendiri hingga selanjutnya menemukan judul yang pas):

1. Ambil koran dan bacalah tajuk-tajuk beserta isinya

Tujuan berasal dari langkah ini adalah menemukan frase-frase yang menarik untuk dijadikan judul lagu. Temukan setidaknya 5 frase yang menarik perhatian Anda. Berikut adalah frase-frase yang saya intisarikan berasal dari koran Kompas edisi Kamis, 18 Agustus 2011:

Langit Jakarta;
Tak Beri Kejutan;
Jangan Menunggu;
Mantan Jadi Tersangka;
Pasang Badan

2. Gabungkan atau acak frase-frase yang Anda temukan

Gunakan setiap kata dalam frase-frase yang Anda temukan, lantas buatlah frase baru berdasarkan kata-kata tersebut. Berikut adalah frase-frase baru yang saya bentuk berdasarkan 5 frase yang saya temukan, bersama dengan langkah mengganti letak sebagian kata:

Jangan Jakarta;
Jangan Jadi Tersangka;
Menunggu Mantan;
Langit Beri Kejutan;
Jakarta Kejutan Badan

Lihat Juga : Lagu Baru In

3. Pilih frase yang paling menarik tanggapan emosi Anda

Dari frase-frase baru yang Anda dapatkan, pilih satu atau dua yang paling menarik perhatian Anda, atau paling menarik tanggapan emosi Anda – membuat Anda berbicara “Saya wajib menulisnya!”.

Bagi saya, 2 judul yang jadi kandidat terkuat saya adalah “Jangan Jakarta” dan “Menunggu Mantan”. “Jangan Jakarta” bisa bermakna “Jangan, saya tidak dambakan ke/di Jakarta” atau “Jangan, Jakarta, jangan melakukannya”. Tema ini menarik, namun saya lebih pilih “Menunggu Mantan” gara-gara berasal dari judulnya saja saya udah terbayang lagu ini bakal dinyanyikan oleh penyanyi wanita, dan judulnya terlampau menarik bagi mereka yang udah pernah berpasangan.

Muncul kesan bahwa “Menunggu Mantan” bermakna menunggu seseorang untuk bisa kembali bersama, namun interpretasi saya sendiri adalah menunggu mantan selanjutnya bukan untuk kembali, namun untuk beralih jadi baik seperti yang dulu.

Setelah lewat proses selanjutnya, dalam saat 24 jam selanjutnya saya udah meraih lagu yang hampir selesai. Tentunya sesudah saya membaca dan mencoba memainkannya di piano, mengukur durasi lagu dan momentumnya, menyanyikan lirik dan melacak rima yang lebih pas, lahirlah sebuah karya baru yang sehari di awalnya apalagi tidak terpikir oleh saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *