Kandungan Dalam Beras Merah

Diposting pada

Supplier Beras Murah – Beras merah atau brown rice merupakan beras yang diproduksi tanpa lewat proses penggilingan, hanya dipisahkan berasal dari kulit ari (sekam)nya saja. Sedangkan beras putih biasanya digiling hingga bersih.

Beras merah ini bersifat butiran utuh (whole grain) , berwarna merah, lebih kenyal berasal dari beras putih, miliki rasa layaknya kacang, dan biasanya cepat basi.  Selain itu harga beras merah terhitung lebih mahal mengingat persediannya yang jadi terbatas dan proses penyimpanan yang sulit.

Pada zaman peperangan dahulu, orang-orang Asia udah banyak yang mengonsumsi beras merah. Di era itu, beras merah cenderung dikonsumsi oleh rakyat miskin, penderita penyakit tertentu, dan kaum manula. Namun seiring berkembangnya zaman, beras merah jadi dilirik masyarakat dan digunakan sebagai menu sehat untuk diet.

Kandungan Dalam Beras Merah

Selain berlainan pemprosesannya, beras merah dan beras putih terhitung miliki takaran yang tidak sama. Para ahli kesegaran mengatakan bahwa nutrisi di didalam beras merah terbukti lebih banyak dibandingkan beras putih. Segelas nasi beras merah punya kandungan 216, 45 kalori, dimana takaran selanjutnya udah mencukupi 88% keperluan kalori harian. Beberapa takaran didalam beras merah diantaranya:

1. Zat antosianin
Salah satu takaran didalam beras merah adalah zat antosianin yang beri tambahan warna merah terhadap kulit ari beras merah. Zat ini miliki kegunaan penting bagi kesehatan, yakni sebagai antikanker, antioksidan, antihiperglikemik, dan antihipertensi.

2. Minyak alami dan serat
Kulit ari terhadap beras merah terhitung kaya minyak alami dan serat. Minyak selanjutnya merupakan asam lemak alfa-linolenat yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Sedangkan takaran seratnya raih 3,5 gram didalam semangkuk beras merah. Fungsinya untuk beri tambahan rasa kenyang lebih lama, menopang proses pencernaan, dan mencegah sembelit.

3. Mineral
Beras merah miliki takaran magnesium memadai tinggi. Kadar magnesium di beras merah lebih kurang 84 mg/ satu mangkok berasnya, sedang beras putih hanya punya kandungan 19 mg magnesium terhadap porsi yang sama. Mineral lain yang ada didalam beras merah adalah mangan, selenium, kalsium, kalium, fosfor, dan zat besi.

4. Vitamin
Vitamin B1 kompleks (thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin) di beras merah ikut mengguguli takaran vitamin B1 di beras putih. Di samping itu, beras merah terhitung punya kandungan vitamin A.

5. Karbohidrat dan protein
Beras merah terhitung punya kandungan karbohidrat dan protein lebih tinggi dibandingkan beras putih, tiap-tiap lebih kurang 77,6g/100 gram dan 7,5mg/100 gram.

6. Asam amino
Nutrisi lain berasal dari beras merah yang tak kalah penting adalah asam amino. Jenis asam amino yang terdapat didalam beras merah memadai banyak, lebih dari satu diantaranya  asam amino triptofan dan Gamma-aminobutyric acid (GABA).

GABA dapat dihasilkan misalnya beras merah dimasak dengan teknik tertentu, yakni germinated brown rice (GBR). Pada teknik ini, dijelaskan bahwa sebelum saat memasak beras merah, kita disarankan merendamnya lebih-lebih dahulu didalam air hangat (suhu lebih kurang 38oC) selama 20 jam. Dengan begitu, takaran enzim, GABA, dan asam amino lainnya didalam beras merah dapat diperoleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *