Pengontrol Video Wall

Diposting pada

Sewa Video Wall – Pengontrol dinding video (kadang-kadang disebut “prosesor”) adalah perangkat yang membagi satu gambar menjadi beberapa bagian untuk ditampilkan di layar individu. Kontrol video wall dapat dibagi menjadi beberapa grup:

Pengontrol berbasis hardware.
Pengontrol PC & kartu video berbasis perangkat lunak.
Kontroler berbasis perangkat keras adalah perangkat elektronik yang dibuat untuk tujuan tertentu. Mereka biasanya dibangun pada susunan chipset pemrosesan video dan tidak memiliki sistem operasi. Keuntungan menggunakan pengontrol dinding video perangkat keras adalah kinerja dan keandalan yang tinggi. Kerugian termasuk biaya tinggi dan kurangnya fleksibilitas.

Contoh pengontrol dinding video yang paling sederhana adalah scaler keluaran input tunggal. Ini menerima satu input video dan membagi gambar menjadi bagian-bagian yang sesuai dengan tampilan di dinding video.

Sebagian besar tampilan dinding video profesional juga memiliki kontroler built-in (kadang-kadang disebut prosesor matriks video terintegrasi atau splitter). Splitter matriks ini memungkinkan untuk “meregangkan” gambar dari input video tunggal di semua tampilan dalam seluruh dinding video (biasanya disusun dalam matriks linear, misalnya, 2×2, 4×4, dll.). Jenis-jenis display ini biasanya memiliki keluaran loop-through (biasanya DVI) yang memungkinkan installer untuk memadukan semua tampilan dan memberi mereka masukan dengan input yang sama. Biasanya pengaturan dilakukan melalui remote control dan tampilan di layar. Ini adalah metode yang cukup sederhana untuk membangun dinding video tetapi memiliki beberapa kelemahan. Pertama-tama, tidak mungkin menggunakan resolusi piksel penuh dari dinding video karena resolusinya tidak bisa lebih besar dari resolusi sinyal input. Juga tidak mungkin untuk menampilkan banyak input secara bersamaan.

Pengontrol PC & video-kartu berbasis perangkat lunak adalah komputer yang menjalankan sistem operasi (misalnya, Windows, Linux, Mac) di PC atau server yang dilengkapi dengan kartu grafis multi-output khusus dan secara opsional dengan kartu input pengambilan video. Kontrol dinding video ini sering dibuat pada chassis kelas industri karena persyaratan keandalan ruang kontrol dan pusat situasional. Meskipun pendekatan ini biasanya lebih mahal, keuntungan dari pengontrol dinding video berbasis perangkat lunak vs splitter perangkat keras adalah bahwa ia dapat meluncurkan aplikasi seperti peta, klien VoIP (untuk menampilkan kamera IP), klien SCADA, perangkat lunak Digital Signage yang dapat langsung memanfaatkan resolusi penuh dari dinding video. Itulah sebabnya pengendali berbasis perangkat lunak banyak digunakan di ruang kontrol dan Digital Signage kelas atas.  Kinerja pengontrol perangkat lunak tergantung pada kualitas kartu grafis dan perangkat lunak manajemen. Ada sejumlah kartu grafis multi-kepala (beberapa keluaran) yang tersedia secara komersial. Sebagian besar kartu multi-output tujuan umum yang diproduksi oleh AMD (teknologi Eyefinity), NVidia (teknologi Mosaic) mendukung hingga 6-12 output genlock. [Rujukan?] Kartu tujuan umum juga tidak memiliki optimasi untuk menampilkan beberapa aliran video dari kartu pengambilan. . Untuk mencapai jumlah tampilan yang lebih besar atau kinerja masukan video yang tinggi, seseorang harus menggunakan kartu grafis khusus (misalnya Datapath Limited, Matrox Graphics, Jupiter Systems).  Kontrol dinding video biasanya mendukung koreksi bezel (bingkai luar monitor) untuk mengoreksi setiap panel dengan tampilan LED atau tumpang tindih gambar untuk menyatukan tepi dengan proyektor.

Matriks, tata letak grid dan artistik

Scaler dinding video terintegrasi sering terbatas pada tata letak grid matriks (misalnya, 2×2, 3×3, 4×4, dll.) Dari display yang identik. Di sini rasio aspek tetap sama tetapi gambar sumber diskalakan di seluruh jumlah tampilan dalam matriks. Kontroler yang lebih canggih mengaktifkan tata letak kisi-kisi konfigurasi apa pun (misalnya, 1×5, 2×8, dll.) Di mana rasio aspek dinding video bisa sangat berbeda dari tampilan individual. Lainnya memungkinkan tampilan untuk ditempatkan di mana saja di kanvas, tetapi terbatas pada orientasi potret atau lanskap. Pengontrol dinding video paling canggih memungkinkan kontrol artistik penuh terhadap display, memungkinkan campuran beragam tampilan yang berbeda serta rotasi multi-sudut 360deg dari setiap tampilan individual dalam kanvas dinding video.

Beberapa Sumber Simultan
Pengontrol dinding video canggih akan memungkinkan Anda untuk menampilkan berbagai sumber ke kelompok-kelompok layar dalam dinding video dan mengubah zona-zona ini bahkan pada saat pemutaran langsung. Scaler yang lebih mendasar hanya memungkinkan Anda untuk menghasilkan satu sumber tunggal ke seluruh dinding video.

Dinding video jaringan
Beberapa pengendali dinding video dapat berada di ruang server dan berkomunikasi dengan “kartu grafik” mereka melalui jaringan. Konfigurasi ini menawarkan keunggulan dalam hal fleksibilitas. Seringkali ini dicapai melalui pengontrol dinding video tradisional (dengan beberapa kartu grafis) di ruang server dengan perangkat “pengirim” yang terpasang ke setiap output grafis dan “penerima” yang terpasang ke setiap layar. Perangkat pengirim / penerima ini baik melalui ekstensi kabel Cat5e / Cat6 atau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *